Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako mengadakan kuliah tamu di aula kedokteran Rabu (30 Maret 2022). Adapun yang menjadi pematerinya adalah Prof. Dr.  Cristoph Kleinn dari University of Gottingen Bersama Prof. Dr. Ir. I Nengah Surati Jaya, M. Agr dari IPB University. Kuliah tamu ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa kehutanan Universitas Tadulako, dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu serta Universitas Al Khairat Palu.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kehutanan mengatakan “ Universitas Tadulako, IPB University dan University of Gottingen merupakan tiga pihak yang telah menjalin kerjasama erat dalam penelitian dan pendidikan, khususnya pemanfaatan teknologi spasial dalam pemantauan sumber daya, dan kuliah umum ini merupakan salah satu nilai dari kerjasamanya”. Lebih lanjut, “Bahan presentasi yang akan disampaikan oleh pemateri merupakan transformasi dalam  bidang teknologi yang menuntut peningkatan kapasitas dalam penginderaan jauh. Sehingga, kuliah tamu ini sangat berguna bagi dosen maupun mahasiswa khususnya yang telah mengambil minat pemetaan”.

Presentasi Prof Kleinn dengan tema “ National Forest Monitoring of Riqour and Relevance at the Science- Policy Interface”  berbicara tentang bagaimana mengimplementasikan remote sensing untuk menghasilkan kualitas data tinggi guna mempengaruhi kebijakan khususnya di sektor kehutanan. Sementara Prof. Dr. Ir. I Nengah Surati  Jaya, M. Agr lebih banyak menjelaskan bagaimana sejarah penginderaan jauh untuk mengetahui luasan kawasan hutan di Indonesia.