Tondo, 12 Februari 2023 Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako menggelar kuliah umum “Konservasi Ekosistem DAS Dalam Rangka Kelesetarian Fungsi Hidrologi” di Gedung Pascasarjana Lantai 3.

Kegiatan tersebut menghadirkan Keynote Speaker, Dr. Eng. Ismet Rahmat Kartono, ST., M.Eng (Manager Bisnis Development PT Poso Energy), Irma Suriani, SP., M.Si (Manager Lingkungan, Kehutanan dan CSR PT Poso Energy), dan Prof. Ir. Chay Asdak, M.Sc., Ph,D (Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Padjajaran).

Dalam Pemaparannya Dr. Eng. Ismet Rahmat Kartono, ST., M.Eng mengungkapkan bahwa PT. Poso Energy sangat membutuhkan Ekosistem DAS yang baik untuk mempermudah kinerja mesin pembangkit dan memperpanjang usia turbin sehingga diperlukan kolaborasi dengan para pihak baik dari pemerintah daerah, pemangku kepentingan termasuk perguruan tinggi dan masyarakat.

Dekan Fakultas Kehutanan mengapresiasi dan siap terlibat terhadap langkah perusahaan PT. Poso Energy yang bermanfaat bagi kelangsungan hutan dan lingkungan sekitar industri. Pada kesempatan ini juga Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Padjajaran Prof. Ir. Chay Asdak, M.Sc. menyatakan bahwa keberlangsungan hutan sangat penting dalam menjaga kelestarian ekositem DAS serta apabila tutupan lahan dapat terjaga hal ini akan mempengaruhi kualitas air hingga 90 persen.

Irma Suriani, SP., M.Si juga mengungkapkan kegiatan industi PT. Poso Energy tidak mengganggu aktivitas lingkungan, pertanian dan kawasan lain sekitar industri ia menambahkan juga bahwa mereka melaksankan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.